Home » » Bagian - Bagian Jendela Microsoft Office Word 2007

Bagian - Bagian Jendela Microsoft Office Word 2007

Mengetahui bagian-bagian jendela dalam MS Word adalah kewajiban jika ingin mampu mengoperasikan Word 2007. Maka tidak hanya mengetahui halaman kerja saja, tapi tahu dimana letak tab-nya, dimana letak tombol dialognya dan bagaimana Zoom nya. Hal ini mutlak diketahui dengan tujuan agar pengoperasian Microsoft word mudah dan sempurna.

Disini nanti akan saya jelaskan nama-nama bagian jendela MS word 2007 kemudian fungsinya seperti apa. Atau penggunaan jendela-jendela tersebut. Dengan mengetahui letak dan fungsinya maka apapun yang akan kita perintahkan pada lembar kerja tadi akan lebih mudah kita kendalikan.

Bagian-bagiannya akan kami jelaskan melalui gambar yang akan saya tampilkan lengkap dengan keterangan sebagai deskripsi dari setiap bagian-bagian jendela dalam pengoperasian Microsoft Word 2007. Baiklah Perhatikan Gambar berikut ini. Dengan kolom yang disertai dengan angka-angka.


Keterangan Gambar diatas.

  1. Office Botton : Atau kita bisa menyebutnya tombol office yang biasanya terletak pada sudut kiri bagian atas pada jendela MS word 2007. Office Botton ini berfungsi untuk membuka menu Office.
  2. Tab : Tab ini biasanya terdiri dari home, insert, page lay out, Refferences, mailing, review, view, add-ins. Tujuannya adalah setiap Tab tadi menyimpan beberapa kelompok yang berisi tombol-tombol perintah Microsoft Word 2007.
  3. Ribbon : Ribbon adalah papan berisikan tombol dan ikon perintah pada bagian atas MS Office 2007. Ribbon ini menggantikan menu drop down pada Microsoft Office versi sebelumnya. Ribbon ini terdiri dari Tab Dialog Font, Kelompok Font, kelompok view dan masih banyak lagi.
  4. Tombol Ukuran Jendela : Tombol ini difungsikan untuk menentukan ukuran, Letaknya dipojok kanan atas, yang terdiri dari minimize, Restore down, Maximize, dan Close. Jika anda klik minimize maka halaman anda akan tersembunyi. Jika anda klik restore down, maka halaman kerja akan tampil sebagian, Jika anda Klik Maximize maka akan kembali seperti semula, Jika kalian Klik Close, maka lembar kerja atau halaman kerja anda akan ditutup. Jika belum disimpan maka klik Yes. 
  5. Tombol Dialog Font : Tombol ini memang untuk menyembunyikan jendela lain. Tombol ini jika anda klik maka akan Muncul kotak dialog yang isinya Font dan Character Spacing. Font berisi bentuk font, Font style (miring, Tebal, Tipis), Ukuran Font Warna font, Shadow, out line dan lain-lain. Character Spacing berisi  Skala, Spasi Posisi.
  6. Penggaris : Penggaris ini berfungsi untuk menentukan ukuran atas bawahnya. Biasanya ini akan ditentukan dengan cara klik Tab (Page Layout). Disana akan ada tombol perintah Margin, Orientasi kertas (vertikal atau horizontal), Berapa kolom, Bahkan kalau anda Klik Tombol dialog maka muncul Margin, Paper, Layout.
  7. Baris Status : Baris status ini akan memberikan informasi pada penulis sudah berapa karakter huruf yang dihasilkan, Misalnya 300 karakter, atau 500 karakter (jumlah kata) dan juga memberikan informasi jumlah halaman kerja penulis. APakah page 1 atau page 2 dan seterusnya.
  8. Halaman Kerja : Halaman kerja ini memang difungsikan untuk menulis huruf perhuruf sehingga terangkai membentuk kata kemudian disusun membentuk kalimat, yang kemudian tercipta sebuah paragraf yang tentunya akan terus bersambung sehingga halaman demi halaman tercipta.
  9. Pengatuaran Tampilan Halaman Kerja : Pengaturan tampilan halaman ini akan memberikan variasi tampilan. anda bisa coba-coba Klik dan anda akan merasakan hasilnya.
  10. Zoom : Bagian jendela ini memang dipakai untuk membesarkan dan memperkecil halaman kerja. Untuk batas terkecil halaman kerja 10 % dan Paling besar 500 %. Namun jika anda letakkan ditengah atau center, maka posisi ukuran halamn kerja anda 100 %.
  11. Baris Penggulung : Baris penggulung ini berfungsi untuk menaikkan halaman kerja keatas atau kebawah. Jika ada tulisan yang tidak terlihat dibawah maka penggulung dinaikkan keatas dengan Meng-Klik dan Tahan sambil dinaikan atau diturunkan.
  12. View Ruler : View ruler ini bertujuan untuk menyembunyikan penggaris atas. Maka jika anda KLIK 2 kali akan kembali seperti semula.
Demikian singkat pemaparan bagian-bagian Jendela Microsoft Word 2007. Semoga bermanfaat. dan dapat dijadikan referensi. Namun mengenai bahasa yang kami gunakan tidak baku, hanya demi kebutuhan kata kunci. Jika anda akan menjadikannya artikel yang diprint out, maka sebaiknya anda sesuaikan dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

0 comments:

Post a Comment