Home » , » Ikon-Ikon Didalam Tab-Tab Pada Microsoft Word 2007

Ikon-Ikon Didalam Tab-Tab Pada Microsoft Word 2007

Kita pernah membahasa ribbon bukan dalam MS Word 2007, Ribbon tadi terdiri dari beberapa Tab yang berisi beberapa kelompok perintah sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dalam setiap kelompok tersebut anda perhatikan sambil mempraktekannya di depan layar monitor anda ada ikon-ikon. ikon-ikon tersebut diatur untuk memudahkan pengguna komputer bisa memberikan perintah dengan cepat.

Saya tentunya sebagai guru TIK akan menjelaskan bagaimana ikon-ikon ini ada? dan Apa fungsi ikon-ikon yang telah ada di dalam masing-masing tab. Setiap Tab nanti akan kita kupas isinya dan fungsinya sekaligus agar anda tahu tentang perintah seperti apa yang anda inginkan. Baiklah berikut ini tab-tab yang berisi ikon-ikon:

Tab Home

Tab Home atau istilah nya Tab pertama, Tab tempat kembali setiap perintah lanjutan ini memiliki kelompok Clipboard, Font, Paragraph, Style, dan Editing. Perhatikan! Gambar berikut ini dan cermati isinya serta hafalkan ikon-ikonnya.


Keterangan dari gambar jika anda KLIK Home maka akan terlihat tampilan dalan layar monitor komputer anda seperti diatas.
  1. Kelompok Clipboard yang memiliki ikon Cut, Copy, Paste, dan Format Painter. fungsi dari masing masing ikon adalah sebagai berikut. Cut adalah ikon untuk membuang artikel yang ingin kita buang dengan cara blok dulu yang akan anda buang, KLIK dan arahkan Mouse kemudian diarahkan pada artikel tadi. Gambar ikon untuk CUT adalah gambar gunting. Copy memiliki tugas menduplikasi materi atau apapun yang ingin anda gandakan. Paste itu untuk mengembalikan atau menduplikasi pada lembar kerja yang baru. Dan terakhir adalah ada Format Painter. segala yang berhubungan dengan gambar adalah tugas format Painter. Lihat Gambar Ikon detailnya.
  2. Kelompok Font. Font memiliki anggota kelompok yaitu. Untuk menebalkan huruf menggunakan huruf B, memiringkan huruf I dan jika ingin menggaris bawahi maka gunakan tombol U strip. Jangan lupa bahwa didalam Font ada pula Change Case (Mau hurufnya huruf kapital semua, atau depan kapital belakang tidak, atau setiap semuanya huruf paling depan adalah huruf kecil.
  3. Kelompok Paragraf adalah untuk mengatur margin kanan, margin kiri, margin atas dan margin bawah. Kelompok ini juga memiliki anggota mengatur Center Text (Mengatur teks ditengah), Align Text to Left (Menggeser teks ke pinggir kiri) dan Align Text to Right (menggeser margin ke kanan dan Justify (meratakan teks agar rata kiri dan kanan). Ada juga pengatur spasi dan lain lain.
  4. Kelompok Style adalah kelompok dimana model-model huruf yang bermacam-macam. Kalian tinggal pilih mana yang anda inginkan.
  5. Kelompok Editing adalah kelompok yang terdiri atas Find, Replace dan Select. Find ini difungsikan untuk mencari kata di dalam teks. Kemudian Replace digunakan untuk mengganti teks secara masal. ataupun satu persatu. Jika anda klik Replace All berarti setiap teks yang berbunyi sama maka akan berubah semua.
Demikianlah Tab-Tab dan Ikon-ikon dalam Microsoft Word 2007. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment